Sabtu, 23 November 2013

RPP SMK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI
Tahun Pelajaran 2013/ 2014

SEKOLAH                     : SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI
MAPEL                          : MATEMATIKA
KELAS /SEMESTER   : X / 1
Add caption
ALOKASI WAKTU      : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)

A.    STANDAR KOMPETENSI :
1.      Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan.

B.     KOMPETENSI DASAR :
1.1  Menerapkan konsep kesalahan pengukuran.

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1.      Hasil membilang dan mengukur dibedakan berdasar pengertiannya.
2.      Hasil pengukuran ditentukan salah mutlak dan salah relatifnya.
3.      Persentase kesalahan dihitung berdasar hasil pengukurannya.
4.      Toleransi dihitung berdasar hasil pengukurannya.

1.     Gemar membaca
2.     Rasa ingin tahu
3.     Mandiri
4.     Kreatif
5.     Tanggung jawab
1.   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
2.   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
3.   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
4.   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D.    TUJUAN  PEMBELAJARAN :
1.      Siswa dapat menjelaskan tentang kesalahan pengukuran.
2.      Siwa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesalahan pengukuran.
3.      Siswa dapat menyelesaiakan masalah prosentase kesalahan.
4.      Siswa dapat menentukan toleransi hasil pengukuran.

E.     MATERI AJAR :
1.      Pengertian Membilang dan Mengukur.
Membilang (menghitung) merupakan sesuatu yang eksakn(pasti).
Contoh: banyaknya murid disuatu kelas, banyaknya buah dalam satu pohon.
Sedangkan mengukur merupakan pendekatan, seperti mengukur panjang, luas, waktu, dsb.
Ada tiga cara pembulatan hasil pengukuran, yaitu:
a.       Pembulatan kesatuan terdekat.
Contoh: 24,9 kg = 25 kg (dibulatkan ke kilogram terdekat.
b.      Pembulatan ke banyaknya angka desimal.
Contoh: 1,784535 = 1,78454 (dibulatkan kelima tempat desimal.
c.       Pembulatan ke banyaknya angka-angka signifikan.
Contoh: 27,451 cm ada 5 angka signifikan.
2.      Salah Mutlak dan Salah Relatif.
Beberapa jenis kesalahan antara lain:
a.       Salah mutlak.
Salah mutlak adalah setengah satuan pengukuran terkecil.
Contoh:
Hasil pengukuran panjangnya : 2,5 m, ini artinya: satuan pengukuran terkecilnya = 0,1 m. salah mutlak :  x (0,1) m = 0,05.
b.      Salah relatif (nisbi).
Salah relatif adalah salah mutlak di bagi hasil pengukuran.
Contoh:
Berat badan seorang siswa 57,5 kg. tentukan salah relatifnya.
Penyelesaian:
Satuan pengukuran terkecil = 0,1 kg.
Salah mutlak =  x 0,1 = 0,05 kg.
Salah relatif   =   =
3.      Prosentase kesalahan.
Rumus:
Prosentase kesalahan = salah relatif x 100%
Sehingga prosentase kesalahan =  x 100%
4.      Toleransi hasil pengukuran.
Toleransi dalam pengukuran merupakan selisih antara pengukuran terbesar dan pengukuran terkecil yang dapat diterima.
Contoh:
Suatu kawat panjangnya dinyatakan (53,4 ± 0,03) mm. tentukan pengukuran terbesar dan pengukuran terkecil yang dapat diterima dan tentukan toleransinya.
Penyelesaian:
Pengukuran terbesar = 53,4 + 0,03) = 53, 43 mm
Pengukuran terkecil = 53,4 – 0,03 = 53,47 mm
Toleransi                 = 53, 43 – 53,47 = 0,06 mm

F.     METODE PEMBELAJARAN :
1.      Ekpositori
2.      Tanya Jawab
3.      Diskusi
4.      Penugasan




G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
      Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan di muka, langkah-langkah pemelajaran dirancang agar dapat diselesaikan dalam 2 (dua) kali tatap muka.
Pertemuan ke-1( 2 x 45 menit = 90 menit)
Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya dan karakter bangsa
Kegiatan Awal:
·         Salam pembuka dan berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri  hendaknya selaras antara imtaq dan iptek.
·         Presensi
·         Memotivasi siswa
·         Menyampaikan SK, KD, Indikator dan tujuan pembelajaran.
10’
-     Disiplin
-     Kerja keras
-     ketrampilan

Kegiatan Inti:
Eksplorasi
·      Guru memberikan penjelasan materi tentang kesalahan pengukuran.
·      Guru mengembangkan materi pelajaran dengan mengkonstruksi pengetahuan baru siswa melalui tanya-jawab.
·      Guru melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi
·         Siswa diberikan contoh-contoh penerapan soal yang berkaitan dengan kesalahan pengukuran.
·         Guru memberikan soal mengenai kesalahan pengukuran.
·         Siswa diminta untuk mengerjakan lembar kerja siswa yang diberikan oleh guru.
·         Guru bersama siswa membahas lembar kerja siswa yang telah dikerjakan.
·         Dari hasil pengerjaan lembar kerja siswa, siswa akan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesalahan pengukuran.
Konfirmasi
·         Guru menjelaskan kembali mengenai kesalahan pengukuran.
·         Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, berupa pujian terhadap keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas .
·      Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengenalan belajar yang telah dilakukan.
·      Guru sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan

70’
-   Kerjasama
-     Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,  menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
Kegiatan Akhir:
·       Guru bersama siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
·       Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·      Guru menugasi siswa untuk mempelajari materi selanjutnya dan PR.

10’



Pertemuan ke-2(2 x 45 menit = 90 menit)
Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
Aspek Lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya dan karakter bangsa
Kegiatan Awal:
·    Salam pembuka dan berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri  hendaknya selaras antara imtaq dan iptek.
·    Presensi
·    Guru mengingatkan kembali tentang kesalahan pengukuran  dengan memberi pertanyaan.
·    Guru mengecek pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
·    Siswa dan guru membahas pekerjaan rumah dan membahas soal yang sulit di pahami siswa
·    Memotivasi siswa
·    Penyampaian tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang akan diterapkan.
·    Pre test sampel
10’
-     Disiplin
-     Kerja keras
-     ketrampilan

Kegiatan Inti:
Eksplorasi
·      Guru memfasilitasi siswa dalam artian siswa  mengalami, mengemukakan, mengolah melakukan simpulan, dan mengaplikasikannya agar terjadi interaksi antar siswa dengan menggunakan sumber belajar yang ada dan lingkungan serta menugasi siswa untuk mempelajari tentang prosentase kesalahan dan menentukan toleransi hasil pengukuran. 
·      Guru mengawasi dan membimbing.
Elaborasi
·      Guru memfasilitasi siswa untuk berdiskusi dengan temannya untuk memunculkan pendapat atau gagasan baru yang berkaitan dengan prosentase kesalahan dan menentukan toleransi hasil pengukuran.
·      Guru memberikan kesempatan siswa untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan mengutarakan pendapatnya tanpa rasa takut dalam kegiatan diskusi.
Konfirmasi
·      Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, berupa pujian terhadap keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas dengan berdiskusi kelompok.
·      Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengenalan belajar yang telah dilakukan.
·      Guru sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.
·      Guru membagikan lembar soal.
·      Siswa mengerjakan tes formatif dengan tertib dan tenang.
70’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
Mandiri
Kegiatan Akhir:
·       Guru bersama siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
·       Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·      Siswa mengumpulkan lembar jawab dengan tertib.
10’



H.    SUMBER BELAJAR :
·         P. Gendra Priyadi, dkk. 2006.  Matematika untuk SMk dan MAK kelas X. Jakarta: Erlangga







I.       PENILAIAN :
Indikator
Kognitif
Afektif
1.
Nyatakan perkalian berikut sebagai bilangan berpangkat :
a.       4 x 4 x 4 x 4 x 4 x 4 x 4
Jawab: 47
(10 poin)
b.      (3ab)(3ab)(3ab)(3ab)
Jawab: (3ab)4
(10 poin)
c.       (-3) x (-3) x (-3) x … x (-3)
Jawab: (-3)n
(10 poin)
Keseriusan mengerjakan perhitungan.

Penilaian :
Siswa serius = 100       poin.
Siswa kurang serius = 75 poin.
Siswa tidak serius = 50 poin.




Tulislah bilangan berikut sebagai bilangan berpangkat
a.    128, dengan bilangan pokok 2
Jawab: 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 =  27
(10 poin)
b.    243 dengan bilangan pokok 3
Jawab: 3 x 3 x 3 x 3 x 3 = 35
(10 poin)
c.     dengan bilangan pokok ½
Jawab:
 (10 poin)





Nyatakan bentuk berikut dalam pangkat positif !
a.       a– 6 b4 x a2 b– 2  
Jawab:
(20 poin)
b.     
Jawab:


    
 (20 poin) 




Kriteria Penilaian
No.
Nama Siswa
Proses Pekerjaan
Nilai Tes (50)
Nilai Akhir (100)
1
2
skor sikap (50)



























keterangan:
1.      kemampuan tugas
2.      Sikap
Dengan Kiteria:             Baik                 = 75 s/d 100
                                    Sedang                        = 60 s/d < 75
                                    kurang             = 0 s/d < 60


Nilai Akhir = ( 0.5 TF + 0.3 Dis + 0.2Sosial)
 



Purwodadi,   Juli 2013
Guru Mata Pelajaran                                                   Praktikan PPL


Umi Restuti, S.Pd                                                       Dwi Purwanto
            NBM. 162 079

Mengetahui
Kepala Sekolah


H. Hanad Zawawi, BA
NBM. 491 133

Tidak ada komentar:

Posting Komentar